Home » » BNP2TKI Latih Motivasi 200 Petugas Rekrut Calon TKI

BNP2TKI Latih Motivasi 200 Petugas Rekrut Calon TKI

BNP2TKI mengadakan pelatihan motivasi (achievement motivation training) kepada200 petugas rekrut calon TKI untuk meningkatkan potensi, kemampuan, kekuatan dan karir petugas rekrut itu.
“Dengan mengetahui potensi dan kemampuan para peserta maka diharapkan para Petugas Rekrut CTKI bisa meningkatkan potensi diri guna meningkatkan kualitas dalam merekrut CTKI,” kata Kunjung Nasehat dari Direktorat Jenderal Bina Latas Kemnakertrans di Bogor, Senin (23/7).

Menurut Kunjung, potensi diri peserta bisa diketahui maka harus ada keterbukaan diri. Tanpa keterbukaan dan ketersediaan maka potensi ini tidak akan bisa diketahui.
Karena itu, ketersediaan mereka untuk melihat potensi dirinya ini dimulai dari ketersediaannya untuk mengisi kuesioner yang diedarkan oleh panitia.

Ia mencontohkan, salah satu materi pada pelatihan AMT yaitu melihat kebutuhan akan prestasi. Harus ada keterbukaan informasi tentang informasi kerja, persyaratan yang dibutuhkan, aspek legal, situasi di negara penempatan, pola gaji, hubungan dengan majikan.
Intinya, petugas rekrut harus menjelaskan sejelas-jelasnya tentang informasi yang dibutuhkan oleh calon TKI, katanya.“Jadi gak ada namanya tipsani, tipu sana tipu sini,” kata Kunjung.
Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan AMT ini ke-200 peserta bisa memahami tentang kaidah yang baik dan benar terkait prosedur penempatan CTKI.

Motivasi yang tinggi dalam merekrut calon TKI harus diimbangi dengan kemampuan dalam pemahaman terhadap aturan dan perundangan yang berlaku. Dengan memahami aspek hukum itu maka diharapkan jangan lagi ada peekrutan calon TKI di bawah umur atau terjerat dalam masalah HAM serta memahami akan masalah Pekerja Anak.Ia menyarankan petugas rekrut CTKI memahami risiko pekerjaan yang dihadapi.“Kalau risikonya tidak seimbang maka hidup anda tidak akan tenang,” kata Kunjung.
Dalam rangka pembinaan dan penerbitan petugas rektut ini, BNP2TKI telah melakukan pendataan 5.175 petugas rekrut calon TKI dari 401 PPTKIS seluruh Indonesia dari 9 April 2012 - 31 Mei 2012.
Hanya petugas rekrut CTKI yang telah mengikuti bimtek dan terdaftar di database, yang dapat melakukan pendaftaran calon TKI online di Disnaketrans kab/kota dan dapat dipastikan seorang petugas rekrut calon TKI hanya dapat mendaftarkan calon TKI secara online untuk 1 PPTKIS. (zul/b)
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : LPK KORINDO | BOJONEGORO | JAWA TIMUR
Copyright © 2011. LPK KORINDO (Korea Indonesia) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger